Inilah Keistimewaan Solat Sunat “Masa Tidur” Yang Semakin Ditinggalkan Umat Islam

Manfaat shalat tahajud sangat luar biasa untuk seorang muslim. Selain shalat wajib, umat islam juga sangat dianjurkan menjaga amalan sunnah seperti shalat tahajud.

Ibadah shalat tahajud memiliki manfaat tersendiri bila dikerjakan dengan tekun setiap malam. Melihat manfaatnya tersebut, tak heran bila kemudian shalat tahajud dianggap sebagai ibadah shalat sunah yang paling istimewa.

Shalat tahajud dikerjakan kapan pun dalam kurun waktu setelah isya sampai masuknya waktu shubuh.

Namun, waktu yang paling dianjurkan adalah sepertiga malam terakhir lepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh.

Telah disebut didalam Al-Qur’an bahwa shalat tahajud dapat membuat orang yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah SWT.

Mengenai jumlah rakaat yang tak terbatas, Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan shalat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat.

Bahkan saat sebelum tidur, berniat terlebih dahulu untuk melaksanakan shalat tahajud tapi tidak terbangun, maka masih tetap mendapatkan manfaat tahajud yang lua biasa.

Berikut ini manfaat shalat tahajud:

1. Dapat Mengabulkan Doa-doa

Manfaat shalat tahajud yang pertama adalah dikabulkannya doa-doa kita oleh Allah SWT. Apalagi bila melaksanakannya di waktu utama sepertiga malam terakhir.

2. Amalan yang Akan Membantu di Akhirat

Telah disebutkan pada Al-Qur’an surat Az Zariyat ayat 15-18 manfaat shalat tahajud bisa menjadi amalan yang akan membantu di akhirat nanti.

Dalam surat Az-Zariyat disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan shalat tahajud, insya Allah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah ketika kelak sudah berada di akhirat nanti.

3. Dapat Menghapus Dosa2 dan Mencegahnya

Shalat tahajud juga merupakan ajang mendekati diri kepada Allah SWT, menghapus dossa, menolak penyakit. Nah dengan mendirikan shalat tahajud penuh niat dan penuh ikhlas dapat menghapuskan d0sa yang telah diperbuat.

Kalian bisa mendapatkan manfaat shalat tahajud yang mengagumkan ini, dosa2 kecil yang pernah kalian perbuat berguguran.

4. Jambatan Untuk Masuk Syurga

Terdapat sebuah hadist yang mengatakan tentang manfaat shalat tahajud yang mengagumkan, manfaat itu adalah menjadikan sebuah jambatan untuk masuk ke syurga.

Berikut bunyi hadis yang dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud.

“Hai sekalian manusia Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

5. Menjaga Kesihatan Rohani

Manfaat shalat tahajud berikutnya adalah menjaga kesihatan rohani. Jika kamu selalu rutin mengerjakan amalan ibadah yang paling utama di malam hari ini, tentu saja akan ada keistimewaan yang bisa kamu raih, salah satunya kesihatan rohani yang selalu terjaga.

Hal tersebut sudah jelas ditegaskan oleh Allah SWT dengan mengatakan bahwa orang yang selalu sholat tahajud akan selalu mempunyai sifat yang rendah hati dan ramah dan refleksi ketenangan jiwa di dalam kehidupan sehari-hari.

6. Diangkatnya Darjat oleh Allah SWT

Allah SWT akan mengangkat darjat hambanya yang melaksanakan shalat tahajud dengan rajin sesuai dengan ayat di dalam Al Qur’an surat Al-Isra ayat 79.

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

7. Shalat Sunnah yang Paling Utama

Di antara shalat sunnah lainnya, shalat tahajud merupakan shalat sunah yang paling utama. Shalat yang disebut juga dengan qiyamul lail menjadi shalat sunah yang paling utama, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, yang artinya:

“Shalat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

8. Kebiasaan yang Dilakukan Orang Soleh

Shalat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang yang soleh. Tentunya orang-orang saleh tersebut tahu bagaimana tata cara salat tahajud dan manfaat sholat tahajud yang menakjubkan bagi diri mereka. Maka, bila kalian juga melaksanakan ibadah ini secara rutin, maka kalian termasuk orang yang soleh.

sumber:islampos

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*